Smiles Are Languages Of LOVE...

Sabtu, 09 Juni 2012

WAHAM?

Berawal dari makan malem di rumah temen gue dengan menu hasil pemesanan ke PHD (Pizza Hut Delivery).  Di sela-sela nikmatnya pizza dan lasagna dengan keju yang melt banget, tiba-tiba ade temen gue cerita tentang waham. Kebetulan dy emang kuliah di jurusan keperawatan dan gue sebagai orang awam langsung berfikir "waham? what it 's mean?" bertanya-tanyalah gue dalam hati. Namanya memang aneh dan seperti nama orang. Awalnya gue berfikir waham adalah nama seseorang yang gk gue kenal. Okeh karna penasaran, gue pun kembali bertanya dengan mbah google. Inilah pertanyaan gue yang gue ajukan ke mbah google "waham adalah.. ", lalu mbah google memberikan banyak solusi dengan memberikan beribu link yang menceritakan tentang waham. Setelah gue menyimak beberapa  link, akhirnya gue dapet beberapa pengertian waham :
  • Waham adalah suatu gangguan perubahan proses pikir. 
  • Waham adalah keyakian yang salah dan kuat dipertahankan walaupun diyakini oleh orang lain dan bertentangan dengan realitas sosial. 
  • Waham adalah keyakian tentang suatu isi pikir yang tidak sesuai dengan kenyataan atau tidak sesuai dengan intelegensi dan latar belakang kebudayaan.
 Penyebab timbulnya waham yang gue dapet dari ade temen gue adalah bisa karna sesorang sering dibuli, selalu berfikir negatif, memiliki imajinasi yang terlalu tinggi, selalu berlebihan dalam segala hal, dan lainnya. 

Ciri-ciri seseorang terkena waham adalah dy selalu menyendiri, selalu menganggap dirinya lebih rendah dari pada orang lain, terlalu dramatisir seperti pada dunia jejaring sosial, kebanyakan orang membuat status yang seolah-olah memang dy adalah orang yang paling malang di dunia, dan masih banyak lagi. Adalagi nih yang bikin gue ketawa, kata ade temen gue ada seorang pasien yang terkena waham karena pasien tersebut jarang mandi dan mandi terlalu lama. Wah wah wah hati-hati yang buat jarang mandi, termasuk gue. :D

Yang gue dapet dari pembicaraan ini, ternyata kita yang selalu menganggap sehat dalam kejiwaan ini pun engga seutuhnya sehat jiwa. Bisa kemungkinan kita juga terkena waham karena di dunia ini kita banyak menghadapi banyak tekanan yang dapat membuat diri kita mendekati sakit jiwa. Akan tetapi, waham itu juga ada tahapan tahapannya dari yang waham ringan hingga berat loh :D. So, untuk mencegah kita masuk ke dalam waham yang lebih berat lagi, kita harus bisa mengontrol jiwa diri kita sendiri guys :).